Definisi E-commerce
-"Definisi E-commerce"
E-COMMERCE
1. Definisi E-commerce
E-commerce adalah kegiatan komersial dengan
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, www atau jaringan komputer lainnya.
2. Keuntungan E-commerce
a. Untuk
Konsumen
-
Akses mudah 24 jam
-
Pilihan lebih banyak
-
Pilihan harga
-
Lebih jelas
-
Efisiensi waktu
b. Untuk
Perusahaan
-
Membuka lapangan kerja
-
Menurunkan biaya operasional
-
Memperluar jangkauan
-
Consumer loyality
-
3. Kerugian E-commerce
a. Perusahaan
-
Keamanan tidak terjamin
-
Persaingan tidak sehat
-
Kompabilitas teknologi lama dengan teknologi
baru
b. Konsumen
-
Perlunya keahlian komputer
-
Perlunya biaya untuk akses internet
-
Perlu perangkat
-
Resiko bocornya data pribadi
-
Kurangnya waktu interaksi secara lanngsung
-
4. Jenis E-commerce
-
Belanja online
-
E-Payment
-
Lelang online
-
E-Banking
-
Tiket online
-
5. Aktivitas dalam E-commerce
-
Cari barang yang diinginkan
-
Isi form
-
Tunggu balasan dari perusahaan P.O
(Purchasing Order)
-
Melakukan pembayaran
-
Mengirim bukti transfer
-
Menunggu nomer resi pengirim barang
-
Menunggu barang datang
-
6. Resiko E-commerce
-
Resiko financial
7. Perkembangan E-commerce
Perkembangan E-commerce di
Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom
Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online.
Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net)
ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual
bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran
sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/,
tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap
seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang
belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia - yang beralamat di
http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di
Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli
di internet.
Indonesia sendiri telah
bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan ecommerce, untuk melayani
konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu,
terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com,
Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online
Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Kehadiran Ecommerce
sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik
pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan
menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya
dan waktu. Namun sistem E-commerce masih kurang populer, karena banyak pengguna
internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan
mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini,
web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI
Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom,
menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan
telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses
transaksi secara online.
Perkembangan teknologi
informasi menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari dewasa ini.
Salah satu bentuk nyatanya adalah bisnis yang memanfaatkan internet tersebut
dinamakan e-commerce, yang merupakan perkembangan dari commerce dengan
menggunakan media elektronik yaitu internet. Walaupun masih banyak para pelaku
bisnis yang belum mengenal betul tentang internet tersebut tetapi karena
desakan bisnis yang semakin mengarah ke media ini, banyak para pelaku bisnis
mulai menggunakan ini.
E-commerce sebetulnya dapat
menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari
potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh
sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, daya beli
masyarakat yang masih rendah dan infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata
di daerah-daerah lainnya membuat ecommerce tidak begitu populer. Hal ini tak
lepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang hanya sekitar 8 juta
orang dari 215 juta penduduk. Selain itu, ecommerce juga belum banyak
dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Meskipun relatif banyak perusahaan
yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana
perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan
sebagai media informasi dan pengenalan produk. Pada akhirnya, perkembangan
teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat ecommerce
menjadi suatu bisnis yang menjanjikan.
Oleh karena itu perkembangan
E-Commerce di Indonesia tentu harus didukung sebagai alternatif sistem bisnis
yang baru di Indonesia yang sangat sesuai dengan kondisi jumlah penduduk
Indonesia serta iklim bisnis Indonesia. Selain itu E-Commerce menjadi salah
satu jalan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah dan menjadi salah
satu jalan untuk mengurangi pengangguran yang ada karena sistem implementasinya
yang sebenarnya cukup sederhana dan gampang. Semuanya jika dilakukan tanpa
usaha dan kerjasama dari berbagai pihak hanyalah sia-sia, dengan tekad bersama
kita terus mencari jalan untuk mewujudkan apa-apa yang diidam-idamkan oleh bangsa
Indonesia selama ini yaitu semakin berkurangnya jumlah pengangguran yang ada,
semakin berkembangnya usaha industri kecil dan menengah, meningkatnya
pendapatkan dan taraf hidup rakyat serta naiknya tingkat kecerdasan bangsa
Indonesia. Walaupun E-Commerce bukanlah sebuah solusi yang terbaik, diharapkan
dengan pengimplementasian E-Commerce dengan baik dan benar dapat membantu
meringankan dan mengurangi problem serta beban berat yang selama ini yang telah
kita hadapi.
How To Play Baccarat In Roulette - FBCasino
ReplyDeleteWhat are 바카라 사이트 the advantages of playing 바카라사이트 baccarat in roulette? Baccarat is considered a very popular gambling game to choegocasino play. It is played on a small scale and is played in